Written by

 student-guide-handbook

Click here to download.

Written by

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016, Dosen dan mahasiswa di sebuah program studi harus memiliki rasio yang ideal. Rasio dosen terhadap mahasiswa pada program studi, yaitu: 

1. 1 (satu) : 45 (empat puluh lima) untuk rumpun ilmu agama, rumpun ilmu humaniora, rumpun ilmu sosial, dan/atau rumpun ilmu terapan (bisnis, pendidikan, keluarga dan konsumen, olahraga, jurnalistik, media massa dan komunikasi, hukum, perpustakaan dan permuseuman, militer, administrasi publik, dan pekerja sosial); dan 

2. 1 (satu) : 30 (tiga puluh) untuk rumpun ilmu alam, rumpun ilmu formal, dan/atau rumpun ilmu terapan (pertanian, arsitektur dan perencanaan, teknik, kehutanan dan lingkungan, kesehatan, dan transportasi).

Berdasarkan ketentuan tersebut, minimum rasio untuk program studi sosial humaniora ialah 1:45. Saat ini rasio dosen-mahasiswa S1 Manajemen FEUA telah lebih rasio standar yakni pada 1:13,7.

Dokumen Peraturan MenteriRistekdikti RI No. 2 Tahun 2016, klik disini.

Written by

Syarat administrasi untuk dapat diangkat sebagai pegawai Non PNS di lingkungan Universitas Andalas:

a. Memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan unit kerja. 

b. Tingkat pendidikan untuk bidang tugas tersebut pasal 5 sesuai kebutuhan.

c. Usia serendah-rendahnya 20 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun pada saat pengangkatan pertama kali, kecuali yang diterima setelah pension sebagai PNS.

d. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter

e. Berkelakuan baik dan tidak pemah tersangkut perkara pidana yang dibuktikan dengan surat keterangan berkelakuan baik dari Polri 

f. Tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS/PNS atau karyawati/tenaga honorer/pegawai tetap pada instansi pemerintah maupun swasta dan tidak akan menuntut untuk diangkat sebagai PNS yang dibuktikan dengan surat pemyataan bermaterai. 

Tenaga Non PNS menurut bidang tugas yang dimaksud dalam keputusan ini meliputi:

  1. Tenaga administrasi
  2. Tenaga teknisi/laboran
  3. Tenaga arsiparis / pustakawan
  4. Tenaga satpam
  5. Tenaga pengemudi/sopir 
  6. Tenaga medis dan paramedis
  7. Tenaga dosen

Peraturan Rektor Tenaga Non-PNS, klik disini

Written by

GAMBARAN UMUM

Manajemen PNS dalam PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil diantaranya berisi ketentuan mengenai penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, penilaian kinerja, penggajian dan tunjangan, penghargaan, disiplin, pemberhentian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua, serta perlindungan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil ditetapkan pada tanggal 30 Maret 2017 di Jakarta oleh Presiden Joko Widodo. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil mulai berlaku pada tanggal 7 April 2017 setelah diundangkan oleh Menkumham Yasonna H. Laoly di Jakarta.

LATAR BELAKANG

Pertimbangan yang menjadi latar belakang penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS adalah bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 17, Pasal 18 ayat (4), Pasal 19 ayat (4), Pasal 20 ayat (4), Pasal 57, Pasal 67, Pasal 68 ayat (7), Pasal 74, Pasal 78, Pasal 81, Pasal 85, Pasal 86 ayat (4), Pasal 89, Pasal 91 ayat (6), Pasal 92 ayat (4), dan Pasal 125 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

DASAR HUKUM

1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

2. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 6, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5494);

PENJELASAN UMUM

Dalam rangka penyelenggaraan Manajemen ASN yang berdasarkan Sistem Merit, maka diperlukan pengaturan Manajemen PNS. Pengaturan Manajemen PNS bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan tertentu.

Penyelenggaraan Manajemen PNS dilaksanakan oleh Presiden selaku pemegang kekuasaan tertinggi pembinaan ASN yang dapat mendelegasikan sebagian kekuasaannya kepada PPK.

Dalam penyelenggaraan Manajemen PNS, Presiden atau PPK mempunyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS serta pembinaan Manajemen PNS di Instansi Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kewenangan pembinaan Manajemen PNS dapat didelegasikan kepada PyB dalam pelaksanaan proses pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam rangka menjamin efisiensi, efektivitas, dan akurasi pengambilan keputusan dalam Manajemen PNS diperlukan sistem informasi pengembangan kompetensi, sistem informasi pelatihan, sistem informasi manajemen karier, dan sistem informasi manajemen pemberhentian dan pensiun, yang merupakan bagian yang terintegrasi dengan Sistem Informasi ASN.

Manajemen PNS dalam Peraturan Pemerintah ini berisi ketentuan mengenai penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, penilaian kinerja, penggajian dan tunjangan, penghargaan, disiplin, pemberhentian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua, serta perlindungan.

Dokumen Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017: Klik disini

John-Creswell

Pada tanggal 5 September 2019, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) mengundang Professor John W. Creswell menjadi narasumber dalam workshop motode penelitian. Prof. John W Creswell, Ph.D yang merupakan pakar dalam Mix Method Research sengaja diundang dalam kegiatan workshop  metode penelitian dengan tema “Workshop  on Constructing Mix Method Strategy in Research Approach”.

Kegiatan workshop metode penelitian yang berlangsung di ruang seminar gedung pascasarjana FEUA tidak hanya diikuti oleh Dosen dan mahasiswa pascasarjana di lingkungan FEUA tapi juga dosen dari PTN dan PTS di Kota Padang.

Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku Dekan FEUA sangat mengapresiasi kedatangan Prof. John W Creswell, Ph.D ditengah-tengah kesibukannya sebagai narasumber di konferensi AINiC (Andalas International Nursing Conference) 2019.

Dekan juga menyampaikan harapan agar peserta workshop memanfaatkan kesempatan langka ini untuk memperoleh kiat-kiat dan strategi dalam menerapkan Mix Method sebagai metode penelitian.

“Prof. Creswell, Ph.D adalah peneliti di Mixed Methods Program, University of Michigan,” ujar Dekan.

Setelah pembukaan oleh Dekan FEUA, kegiatan workshop dipandu oleh moderator, Dr. Rahmi Fahmy, SE., MBA. Moderator terlebih dahulu menyampaikan informasi akademis dari Prof. John W. Creswell, Ph.D.

“Prof. John W Creswell, Ph.D telah banyak menulis dan menerbitkan buku tentang Mixed Methods Research dan menjadi referensi bagi para peneliti,” jelas moderator.

Dalam pemaparan materinya, Prof. John W. Creswell, Ph.D menjelaskan bagaimana menganalisa dan menggabungkan quantitave method dan qualitative method menjadi mixed methods research.

Selain itu, Prof. John W. Creswell, Ph.D berbagi delapan tahapan dalam mendesain sebuah penelitian Mix Methods yang akurat.

Dipenghujung presentasinya, Prof. Creswell menyampaikan harapan agar para peneliti dari Indonesia dapat berpartisipasi dan memenangkan penghargaan pada acara University of Michigan Mixed Methods Program Sara and George McCune Scholarship Awards.

creswell

beasiswa-pegadaian

PT.Pegadaian (Persero) memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA). PT. Pegadaian memberikan bantuan berupa tunjangan pendidikan selama 1 (satu) tahun dengan nominal Rp. 5.000.000,- untuk setiap mahasiswa. Sebanyak 15 orang mahasiswa yang telah lolos seleksi telah diumumkan pada acara Dies Natalis FEUA pada bulan September lalu.

Setelah melengkapi persyaratan administrasi keuangan, pada tanggal 13 November 2019 PT. Pegadaian (Persero) melakukan penyerahan beasiswa pendidikan secara tunai kepada masing-masing penerima beasiswa. Total beasiswa yang diserahkan PT. Pegadaian (Persero) berjumlah Rp. 75.000.000,-.

Penyerahan beasiswa berlangsung di ruang sidang dekanat Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) dan disaksikan oleh Wakil Dekan III, Dr. Vera Pujani, SE., MMTech dan Kasubbag Akademik, Zarkani, SH.

Dr. Vera Pujani menyampaikan apresiasi kepada PT. Pegadaian (Persero) yang telah ikut ambil bagian dalam meningkatkan dunia pendidikan melalu beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dengan ekonomi lemah.

credit-earning-m-feua

Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) berkolaborasi dengan Fakulti Perniagaan, Ekonomi dan Perakaunan Universiti Malaysia Sabah (UMS) untuk mempromosikan dan mengembangkan serta meningkatkan kerjasama di bidang akademik dan penelitian.

Salah satu wujud dari kerjasama tersebut adalah program credit earning antara mahasiswa FEP UMS dan FEUA. Pada semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 sebanyak lima orang mahasiswa FEP UMS melakukan Credit Earning di jurusan Manajemen FEUA. “Tahun lalu, dua orang mahasiswa UMS telah menyelesaikan program credit earning di jurusan Manajemen FEUA” jelas Dr. Harif Amali Rivai, SE., M.Si selaku DekanFEUA. Dekan juga menjelaskan bahwa pada tahun 2019 sebanyak lima orang mahasiswa FEP UMS yakni Suriyana Jaya binti Sugua Feredin, Marinah binti Mani, Nur Ain Fatihah binti Shamizan, Nurul Hidayah Fazilah binti Saharuddin dan Edzanfauzan bin Tamin telah menyelesaikan program credit earning di jurusan Manajemen FEUA. “Kelima orang mahasiswa UMS ini saat ini telah kembali ke Malaysia untuk melanjutkan studi di UMS” tambah Dekan. Selama mengikuti perkuliahan pada semester ganjil Tahun Akademik 2019/2020 di jurusan Manajemen, kelima orang mahasiswa kelas internasional ini tinggal di asrama mahasiswa Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Padang.

Written by

Written by

Perpustakaan pusat universitas terdiri dari lima lantai. Lantai pertama adalah untuk kantor pendukung dan TIK. Lantai kedua adalah ruang perpustakaan utama, tempat koleksi buku dan ruang baca ditempatkan. Lantai ini juga dilengkapi dengan sofa santai dan ruang belajar kubik. Tiga lantai lainnya dikhususkan untuk fasilitas pendukung seperti ruang diskusi, ruang pertemuan, dan ruang multimedia. Setiap ruangan dilengkapi dengan AC dan fasilitas belajar yang memadai seperti papan tulis, dan proyektor. Selain itu, komputer dan internet juga dapat diakses di perpustakaan. Pusat fotokopi juga tersedia untuk mendukung kegiatan akademik. http://pustaka.unand.ac.id/fasilitas/fasilitas-perpustakaan.

Layanan harian dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.00 dari Senin hingga Jumat. Pintu elektronik digunakan untuk mengontrol aliran pengunjung. Mahasiswa, dosen, dan staf menggunakan kartu ID mereka untuk melewati pintu masuk dengan mengetuk kartu di sensor penghalang. Para pengunjung yang tidak memiliki kartu identitas, mereka harus memasukkan data mereka di komputer di meja depan. Prosedur ini memastikan pengunjung tercatat dan mencegah orang yang tidak berhak masuk.

Berbagai koleksi buku, jurnal akademik, tesis pascasarjana dan pascasarjana serta majalah dan surat kabar disediakan di perpustakaan pusat. Untuk mengakses koleksi. Open Public Access Catalog (OPAC) dipasang di empat kedamaian komputer untuk memungkinkan pengunjung melakukan pencarian berbasis kata kunci. Ketersediaan dan lokasi koleksi disajikan di layar komputer sehingga pengunjung mendapat informasi tentang minat mereka. Begitu mereka mengetahui status ketersediaan, dan nomor lokasi rak, mereka dapat memilih koleksi sendiri. Skema yang berbeda untuk tesis, para pengunjung tidak boleh memilih koleksi, tetapi pustakawan akan membantu mereka.

No.

Tipe Koleksi

Cetak

Electronik

Total

1.

Text Books

72,849

3,190

99,083

2.

Accredited National Journal

324

12,534

 

3.

International Journal

163

292,560

(530 CD)

 

4.

Proceedings (Seminars, Conferences, Symposium etc.)

907

2,012

(10 CD)

 

 

Total

74,243

309,178

(534 CD)

99,083

Sebagai sistem pendukung pembelajaran online, universitas juga menyediakan perpustakaan elektronik (e-library: https://pustaka.unand.ac.id/fasilitas/katalog-bersama) di mana berbagai buku dan jurnal akademik dapat diakses oleh siswa tanpa kendala lokasi. Langganan jurnal basis data terkemuka seperti Science Direct, Proquest, dan EBSCO diperbarui setiap tahun untuk meningkatkan ketersediaan jurnal online. Selain hal tersebut, terkhusus Fakultas Ekonomi juga memiliki langganan Emerald Insight.

Tampak Depan

 perpustakaan-unand-3

Koleksi Buku

perpustakaan-unand-2

Aktivitas Mahasiswa

perpustakaan-unand-1

Written by

Sebagai bidang ilmu sosial, proses pembelajaran di Fakultas Ekonomi dilengkapi dengan laboratorium. Kegiatan belajar siswa di laboratorium adalah melakukan simulasi, analisis data, membuat program-mini. Oleh karena itu laboratorium komputer adalah satu-satunya jenis laboratorium yang ada di fakultas. Di fakultas ini, ada tiga laboratorium komputer dengan kapasitas maksimum 40 kursi. Perangkat lunak asli dipasang di komputer seperti SPPS, MS Office, dan Perangkat Lunak Manajemen Operasi. Beberapa mata kuliah yang menggunakan laboratorium sebagai kelas proses pembelajaran utamanya adalah Manajemen Database, Statistik, dan E-commerce, dan Manajemen Operasi. Untuk memperoleh pengalaman belajar yang lebih baik, Proyektor LCD dipasang di laboratorium sehingga tutorial dapat dijelaskan dengan baik. Secara keseluruhan, fasilitas laboratorium cukup tersedia untuk mendukung kegiatan belajar bagi siswa di fakultas ekonomi.

Halaman 4 dari 5

Akreditasi dan Sertifikasi

Akreditasi Nasional:

Akreditasi Internasional :

FIBAA Seal

Sertifikasi Internasional :

Kontak Jurusan Manajemen

Sekretariat Jurusan Manajemen

Gd. 2 Fakultas Ekonomi 
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang
Sumatera Barat, 25163

Telepon: 0751-71088 ext 115
Fax: 0751-71089
Email: management@eb.unand.ac.id

 

Lokasi Jurusan Manajemen Universitas Andalas