Kompetensi

PSM telah menerapkan kurikulum berbasis KKNI. Kurikulum berbasis KKNI mensyaratkan adanya profil program studi, kompetensi, dan capaian pembelajaran. Profil PSM dirumuskan melalui 3 kali kegiatan workshop kurikulum dari tahun 2014-2016 yang melibatkan stakeholders yaitu alumni, users, dan prodi sejenis dalam rangka membangun kompetensi yang dibutuhkan. Kegiatan workshop tersebut sudah diselenggarakan sebanyak 3 kali dari tahun 2014-2016. Berdasarkan workshop tersebut PSM menetapkan 6 profil lulusan PSM yaitu 

NO Profil Lulusan Deskripsi
1 Manajer Menjalankan fungsi dan peran manajer untuk mengelola organisasi dalam memaksimalkan berbagai kepentingan stakeholders.
2 Wirausahawan Memulai usaha baru (start up), komersialisasi produk/ jasa, pelaksana aktifitas bisnis, membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya, menghasilkan produk/jasa yang di demand oleh masyarakat sebagai user, memberikan solusi bagi masalah sosial.
3 Konsultan Bisnis Menyediakan jasa konsultasi, potensi, pengembangan, dan penilaian kelayakan bisnis.
4 Tenaga Profesional Mengoptimalkan kemampuan teknis dan administratif di bidang fungsional (pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, operasi, stratejik).
5 Peneliti Merumuskan permasalahan penelitian, merancang penelitian mengumpulkan, menganalisis data, menyusun laporan penelitian dan diseminasi serta publikasi hasil penelitian.
6 Dosen Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian dan Penunjang )


Kompetensi Utama lulusan

Prodi PSM mengembangkan kompetensi utama lulusan yang diarahkan pada pengembangan kompetensi professional dan keilmuan di bidang manajemen, yang memiliki jiwa wirausaha, berwawasan global, dan menjunjung tinggi profesionalitas, integritas dan etika bisnis. Rumusan kompetensi utama, pendukung, dan kompetensi lainnya dari PSM telah disesuaikan dengan UU PT No. 12 Tahun 2012 dan SNPT 2013. Rumusan kompetensi utama berdasarkan KKNI level 6 yang berisi tentang elemen sikap dan tata nilai, dan keterampilan kerja umum. Berikut ini adalah kompentensi utama lulusan yang dirumuskan dalam bentuk capaian pembelajaran:

1. Kompetensi atau capaian pembelajaran sikap dan tata nilai lulusan.

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2. Kompetensi atau capaian pembelajaran keterampilan umum lulusan.

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
  3. Mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

Kompetensi Pendukung Lulusan
Kompetensi pendukung ini dirumuskan dalam bentuk capaian pembelajaran Program Studi terdiri dari penguasaan pengetahuan, dan keterampilan kerja khusus. Berikut adalah uraiannya:

1. Kompetensi atau capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan lulusan:

  1. Menguasai konsep teoritis , metode dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi dan pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan keuangan) pada berbagai jenis organisasi.
  2. Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional.
  3. Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai tipe organisasi.
  4. Menguasai konsep tentang metode penelitian yang mencakup studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif secara eksploratif, deskriptif dan verifikatif.
  5. Menguasai minimal satu metode penelitian (studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif secara eksploratif, deskriptif dan verifikatif).
  6. Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values).
  7. Menguasai pengetahuan tentang jenis dan regulasi organisasi lokal, nasional, regional dan global.
  8. Menguasai kaidah, prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi dan budaya.
  9. Menguasai minimal salah satu bahasa Internasional.

2. Kompetensi atau capaian pembelajaran keterampilan khusus:

  1. Mampu merumuskan dan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi.
  2. Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan keuangan dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi.
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta megambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip kewisarausahaan yang berakar pada kearifan lokal.
  4. Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis menjadi rencana operasional organisasi pada level fungsional.
  5. Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat diberbagai tipe organisasi pada tingkat operasional berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi organisasi.
  6. Mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi.
  7. Mampu berkomunikasi efektif lintas fungsi dan level organisasi.
  8. Membangun karakter wirausaha, memiliki kemampuan mengindentifikasi peluang usaha, memiliki kemampuan untuk memulai usaha, memiliki kemampuan untuk melakukan inovasi bisnis.

 

Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
PSM mengembangkan kompetensi lainnya sesuai dengan visi dan misi prodi. Visi PSM sejalan visi Unand yaitu: “menjadi institusi pendidikan tinggi yang terdepan dalam bidang pendidikan dan riset ilmu manajemen, bereputasi nasional, dan berwawasan internasional yang berintegritas”.

Kompetensi lainnya dari PSM adalah:
1. Memiliki sensitivitas terhadap isu-isu terkini baik lokal maupun global.
2. Mampu menterjemahkan/menafsirkan isu-isu terkini dalam bentuk karya ilmiah.
3. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.
4. Mampu memahami, mengelola, memanfaatkan unsur diversity (multi cultures, multi disciplines) dan mampu bekerja dalam tim
5. Memiliki karakter open minded, kritis, berani bertindak atas dasar kebenaran.

 

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.

Read 618 times Last modified on Rabu, 01 Maret 2017 22:39