Sejarah dan identitas

UNAND memiliki kedudukan dan status sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 47 tahun 2013 mengenai Statuta Universitas Andalas pada pasal 3 yang menyatakan bahwa Universitas Andalas (UNAND) merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang kampus utamanya bertempat di Padang, Kampus II di Payakumbuh, dan Kampus III di Kabupaten Dharmasraya.

UNAND didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 41007/Kab. tanggal 14 Juli 1955, dan diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia tanggal 7 September 1955 di Bukittinggi, merupakan penggabungan dari Perguruan Tinggi Hukum Pancasila yang didirikan tahun 1951 oleh Yayasan Sriwijaya di Padang, Perguruan Tinggi Pertanian di Payakumbuh dan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batusangkar yang didirikan pada tahun 1954, serta Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam, yang didirikan pada tahun 1955 di Bukittinggi.

UNAND secara resmi dilembagakan pada tanggal 13 September 1956 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1956 (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 40 tahun 1956, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1045) berkedudukan di Bukittinggi dan sejak tanggal 1 Januari 1959 pindah ke Padang.

Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FE-Unand) Padang, berdiri pada tanggal 7 September 1957, awalnya bernama Perguruan Tinggi Ekonomi yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Pancasila Dewan Banteng. Pendirian tersebut ditandai dengan kuliah perdana pada tanggal yang sama oleh Prof. Dr. Soemitro Djojokusumo yang bertempat di Gedung Balai Prajurit Jalan Imam Bonjol Padang.

Pada awal tahun 1958 perkuliahan terhenti akibat pergolakan daerah (PRRI), untuk selanjutnya pada tanggal 14 Juli 1959 Yayasan Fakultas Ekonomi diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia, Perwakilan Kementerian PPK kepada Presidium Universitas Andalas. Satu setengah tahun kemudian, tepatnya 1 Januari 1961 dengan Surat Keputusan Menteri PPK No. 4/1961, Fakultas Ekonomi secara resmi dijadikan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, dan merupakan Fakultas ke-6 dilingkungan Universitas Andalas setelah; Fakultas Pertanian di Payakumbuh, Fakultas Kedokteran di Bukitinggi, Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) di Bukitinggi, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM) di Padang, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Batusangkar.

Semenjak bergabung dengan Universitas Andalas, kegiatan akademik berlangsung di Kampus Jati (Jalan Perintis Kemerdekaan No.77) dengan tiga Program Studi; Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP), Manajemen, dan Akuntansi, ditambah dengan Program D III. Pada bulan Agustus 1991 secara resmi aktifitas utama berpindah ke Kampus Limau Manis yang berjarak 15 km arah timur kota Padang. Di kampus baru tersebut, Fakultas Ekonomi menempati tiga gedung untuk kegiatan akademik dan pengelolaan fakultas yang menyatu dengan fakultas lainnya di lingkungan Universitas Andalas dalam area seluas 500 hektar.

Seiring perkembangan dunia pendidikan dan tuntutan dunia industri terhadap lulusan fakultas ini akhirnya berkembang menjadi:

Program Diploma (D III)

  1. Pemasaran
  2. Kesekretariatan
  3. Akuntansi
  4. Keuangan Negara

Program Sarjana (S1)

  1. Ilmu Ekonomi
  2. Manajemen
  3. Akuntansi

 Program Magister (S2)

  1. Magister Perencanaan Pembangunan
  2. Magister Manajemen
  3. Magister Akuntansi

Program Doktor (S3)

  1. Ilmu Ekonomi

Program Studi Manajemen berdiri semenjak fakultas ekonomi UNAND didirikan. Pada masa awal perkembangannya Program Studi Manajemen masih bernama Program Studi Ekonomi Perusahaan, tapi pada awal tahun 1980 berdasarkan surat PP5 / 1980 istilah tersebut diganti menjadi Program Studi Manajemen.

Struktur organisasi Program Studi Manajemen sudah tertata baik melalui kajian yang mendalam. Secara umum Program Studi Manajemen merupakan bagian dari struktur organisasi FE UNAND. Ketua dan sekretaris Program Studi bertangung jawab kepada Dekan. Ketua dan sekretaris Program Studi Manajemen dibantu oleh staf yang terdiri dari dosen / staf pengajar dan tenaga kependidikan. Di dalam Program Studi Manajemen terdapat Lembaga Manajemen dan lembaga tersebut bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi

Program Studi Manajemen memiliki 5 (lima) konsentrasi:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Keuangan
  3. Manajemen Sumberdaya Manusia
  4. Manajemen Stratejik
  5. Kewirausahaan

Dalam menjalankan tugasnya Ketua dan Sekretaris Program Studi melakukan koordinasi dengan masing- masing koordinasitor mata kuliah konsentrasi. Sejak tahun 2007, Program Studi Manajemen membuka kelas internasional yang berada di bawah koordinasi Ketua Program Studi Manajemen.

Read 305 times Last modified on Jumat, 10 Februari 2017 12:07

    

  

 
 

Statistik Kunjungan

015949
Today
This Week
This Month
All days
99
413
2602
15949