Seminar Nasional dan Call For Paper Jurusan Manajemen FE UNAND

 

Seminar Nasional  dan Call For Paper Jurusan Manajemen FE UNAND diadakan dengan mengusung tema "Optimasi Industri Kreatif Untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional Yang Berkelanjutan". Diadakan pada tanggal 18 November 2016 di Convention Hall Universitas Andalas, Padang.

Kegiatan seminar nasional yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat - Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc, ini menghadirkan tiga orang pakar sebagai keynote speaker yaitu Irfan Wahid yang merupakan Ketua Pokja Industri Ekonomi Kreatif Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Republik Indonesia; Yuliandre Darwis, Ph.D yang merupakan Ketua Komite Penyiaran Indonesia Pusat; dan Prof. Dr. Herri, MBA yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Dalam pemaparannya para pembicara memfokuskan pembahasan tentang bagaimana pentingnya peran industri kreatif dalam menopang perekonomian Indonesia serta bagaimana peran industri ini dapat dioptimalkan agar memberikan manfaat yang lebih untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sesuai dengan temanya, industri kreatif merupakan industri yang berperan vital dalam perekonomian. Kontribusi pendapatan dan serapan tenaga kerja yang tinggi telah menempatkan industri ini sebagai salah satu tulang punggung negara. Perannya juga meluas tidak hanya pada sektor formal tapi juga informal. Oleh karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan keefektifan bisnis pada industri ini. Kemudian, tuntutan lingkungan yang semakin dinamis memberikan efek terhadap industri terutama perusahaan berskala kecil. Persaingan yang tinggi semakin mempersulit ruang gerak industri perusahaan kecil untuk berkompetisi terutama dengan pemain besar. Industri kreatif dipandang sebagai salah satu senjata nasional. Indonesia yang memiliki kekayaan budaya baik kerajinan maupun event tradisi, ditambah lagi dengan potensi pariwisata yang telah mendapat pengakuan, harus menjadikan sektor ini sebagai sumber keunggulan bersaing.

Conference Session pada seminar ini diikuti oleh 44 artikel yang ditulis oleh akademisi maupun praktisi dari berbagai perguruan tinggi atau instansi lainnya di Indonesia. Sebanyak 44 artikel dipresentasikan pada dalam kegiatan ini dan dikelompokan ke dalam beberapa bidang kajian yang relevan. Artikel yang diterima mendiskusikan beragam jenis isu dari setiap fungsi bisnis. Setiap kajian akan dipresentasikan pada forum kecil dengan para ahli pada bidang masing-masing. Pengkajian pada forum kecil tersebut akan menjadikan proses diskusi akan lebih fokus dan mendalam.

Kegiatan ini memfasilitasi interaksi penting antara para akademisi, praktisi dan pengambil keputusan. Hasil kajian baik empiris maupun konseptual yang didiskusikan pada kegiatan ini diharapkan dapat menambah khasanah pikir dan pemahaman yang lebih luas untuk usaha optimasi industri kreatif sehingga dapat memberikan damapak terhadap keberlanjutan pertumbuhan perkeonomian nasional.

Read 377 times Last modified on Rabu, 08 Maret 2017 00:16

    

  

 
 

Statistik Kunjungan

026396
Today
This Week
This Month
All days
43
311
1597
26396